IP

Resensi Buku tentang Cara Membuat Alat Penjernih Air



Selamat siang sob, ketemu lagi nih dengan saya. Walaupun telah siang yang begitu panas ini akan tetapi saya akan tetap mencoba untuk berbagi ilmu bagi semua kalangan baik yang masih sekolah di tingkat SD, SMP, SMA. Okey, saya kali ini akan mencoba untuk share ilmu pengetahuan dan untuk menambah wawasan anda. Saya mencoba untuk menuliskan contoh resensi dari suatu buku. Resensi merupakan hal yang sangat memudahkan bagi pembaca untuk mengetahui inti persoalan atau yang dibahas dari suatu buku mengenai kelemahan ataupun kelebihan. Bagi anda yang belum bisa ataupun sedang mencari tugas, saya sarankan untuk menyimak postingan berikut ini.


MEMBUAT ALAT PENJERNIH AIR


Penulis            : Ana Suhana
Penerbit          : Puspa Swara, Anggota IKAPI
Tahun Terbit  : 2003
Kota Terbit    : Jakarta
Tebal              : iv + 56 halaman


            Seiring dengan berkembangnya pembangunan perumahan sampai ke pelosok pedesaan, kebutuhan akan air sangat penting bagi kehidupan. Sekarang air pada perkotaan kebanyakan sudah tercemar oleh polusi asap pabrik-pabrik sehingga sulit bagi warga untuk mendapatkan air bersih. Kemajuan teknologi kimia menciptakan obat penjernih air mengalami pergeseran orientasi. Masyarakat yang semula tradisional, seiring dengan tercemarnya air maka beralih ke obat penjernih air. Ini sangat bermanfaat karena dapat menghilangkan air sekotor dan sebau apapun dapat diatasi. Akan tetapi proses penjernihannya tidak dapat langsung digunakan.
           
Bertambahnya jumlah kotoran dalam badan alat penjernih dapat mempengaruhi jumlah air yang keluar. Membersihkannya tidak harus menunggu air yang keluar mengecil. Secara rutin dalam 4 minggu sekali. Begitu juga dengan media yang harus diganti agar dapat membuat air mengalir menjadi lancar.
            Bentuk alat penjernih air ini ramping sehingga tidak memakan tempat. Selain itu, tidak harus diletakkan didekat kamar mandi. Proses pencucian kotorannya sangat mudah, cukup membuka salah satu kran dan menutup kran lainnya. Kualitas hasil penjernihannya tidak diragukan karena air yang dihasilkan seperti air PDAM.
            Manfaat dari buku ini adalah membuat masyarakat dapat  lebih sadar bahwa apabila menggunakan berlebihan bahan-bahan kimia akan menyebabkan gejala-gejala infeksi yang akan menyebabkan penyakit-penyakit yang timbul di lingkungan masyarakat.
            Tujuan dari buku ini adalah agar dapat mengurangi pencemaran air kotor dan mengubah air kotor tersebut menjadi air bersih agar bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup dan ikut berpartisipasi menjaga kelestarian alam hayati dan nonhayati.
            Kekurangan dari buku ini adalah terdapat kalimat-kalimat yang kurang efektif sehingga belum dapat menguasai isi-isi yang ada di dalam buku ini.
            Kelebihan dari buku ini adalah mengajak masyarakat yang berada di pinngir sungai atau masyarakat kota dan desa yang kekurangan persediaan air bersih bisa di manfaatkan kembali air yang kotor menjadi air yang bermanfaat kembali untuk kehidupan makhluk hidup.
            Saran dari saya adalah agar buku ini cepat didistribusikan ke wilayah yang air kotor lebih banyak dari air bersih karena air merupakan kebutuhan hidup yang sangat penting dengan meminimalkan penggunaan air agar persediaan air bersih bisa selalu dilestarikan dan dijaga keseimbangan ekosisitem serta dapat bermanfaat  untuk mengurangi pencemaran air.

Demikian posting yang saya tampilkan semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa berikan kritik atau saran agar blog ini tidak diblokir. Terima Kasih :)

1 Comment: